BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 04 April 2010

Undang-undang sistem pendidikan nasional

UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Dasar
• Pembukaan UUD 1945
• UUD 1945
• UU No 2 Tahun 1989 tidak memadai lagi dan perlu diganti
• Diharuskan mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan efisien manajemen pendidikan
Definisi
• UU No. 20 Tahun 2003
Pendidikan : usaha sadar dan terencana untuk mewujukan suasana belajar
• Pasal 1 ayat 2
Pendidikan berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945
• Pasal 1 ayat 3
Keseluruhan komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional

Realisasi UU SISDIKNAS
• Prinsip penyelenggaraan pendidikan (Bab III)
• Hak dan Kewajiban (Bab IV pasal 5)
• Peserta Didik (Bab V pasal 12)
• Bentuk penyelenggaraan pendidikan (Bab VI pasal 13)
• Sandar nasional pendidikan (BaB IX pasal 35)
• Kurikulum (Bab X Pasal 36, 37, 38)
• Pendidikan dan tenaga kependidikan (Bab XI pasal 40 ayat 2)
• Sarana dan prasarana pendidikan (pasal 46 ayat 1, pasal 47 ayat 2, pasal 34 ayat 1)

Manajemen Berbasis Sekolah

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MANAJEMEN YANG BERDASARKAN PADA KONDISI SEKOLAH)

Latar Belakang

· Program peningkatan mutu pendidikan telah dilaksanakan selama enam pelita dengan investasi cukup besar, namun mutu pendididkn masih rendah

· Sekolah lebih tahu kelebihan, kelemahan, dan kebutuhan dirinya

· Pengamatan terhadap sekolah bermutu dan sekolah yang turun mutunya

· Pembinaan pendidikan selama ini bersifat “input oriented”

· Regulasi birokrasi terhadap penyelenggaraan pendidikan terlalu ketat

· Partisipasi masyarakat belum optimal

· Hasil studi tentang “effective schools”

Dampak Kebijakan Manajemen Sentralistik

Sikap dan perilaku pada sekolah:

· Hanya mengikuti peraturan, tunggu petunjuk, pasif

· Inisiatif dan kreativitas kurang berkembang

· Tanggung jawab kurang

· Bersikap birokratik

· Bekerja mekanistis, repetitive

· Tidak ada kompetititf

· Semangad bekerja kurang

· Aspirasi kurang direspon oleh sekolah

Karaterisik

· Kemandirian

· Pendayagunaan sumber

· Pemberdayaan masyarakat

· Transparansi

· Akuntabilitas

Esensi Umum Manajemen Berbasis Sekolah

· Ada kerangka acuan nasional

· Ada garis besar pedoman secara nasional

· Perbedaan pengelolaan sekolah negeri dan swasta tidak terlalu besar

Ciri Sekolah Efektif

· Lingkungan tertib dan aman

· Visi, misi, dan target jelas

· Kepemimipinan yang kuat

· Pengembangan staf

· Tingkat harapan yang jelas

· Evaluasi untuk perbaikan PBM

· Partisipasi orang tua dan masyarakat

· Ada yang komitmen unuk bersama-sama meningkatkan mutu

Tujuan Manajemen Pendidikan Manejemen Berbasis Sekolah

· Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah

· Mengoptimalkan sumber daya sekolah dan mensinergikan program peningkatan mutu pendidikan di sekolah

· Menigkatkan motivasi dan kepuasan kerja

· Memacu semangad kompetitif yang sehat antara sekolah

Langkah MPMBS

· Evaluasi diri

· Perumusan visi, misi,dan target mutu yang jelas

· Perencanaan program kegiatan

· Pelaksanaan program kegiatan

· Monitoring dan evaluasi kegiatan

· Penetapan target mutu baru