UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Dasar
• Pembukaan UUD 1945
• UUD 1945
• UU No 2 Tahun 1989 tidak memadai lagi dan perlu diganti
• Diharuskan mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan efisien manajemen pendidikan
Definisi
• UU No. 20 Tahun 2003
Pendidikan : usaha sadar dan terencana untuk mewujukan suasana belajar
• Pasal 1 ayat 2
Pendidikan berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945
• Pasal 1 ayat 3
Keseluruhan komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional
Realisasi UU SISDIKNAS
• Prinsip penyelenggaraan pendidikan (Bab III)
• Hak dan Kewajiban (Bab IV pasal 5)
• Peserta Didik (Bab V pasal 12)
• Bentuk penyelenggaraan pendidikan (Bab VI pasal 13)
• Sandar nasional pendidikan (BaB IX pasal 35)
• Kurikulum (Bab X Pasal 36, 37, 38)
• Pendidikan dan tenaga kependidikan (Bab XI pasal 40 ayat 2)
• Sarana dan prasarana pendidikan (pasal 46 ayat 1, pasal 47 ayat 2, pasal 34 ayat 1)
Minggu, 04 April 2010
Undang-undang sistem pendidikan nasional
Diposting oleh dwi budyastuti di 07.47 0 komentar
Manajemen Berbasis Sekolah
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MANAJEMEN YANG BERDASARKAN PADA KONDISI SEKOLAH)
Latar Belakang
· Program peningkatan mutu pendidikan telah dilaksanakan selama enam pelita dengan investasi cukup besar, namun mutu pendididkn masih rendah
· Sekolah lebih tahu kelebihan, kelemahan, dan kebutuhan dirinya
· Pengamatan terhadap sekolah bermutu dan sekolah yang turun mutunya
· Pembinaan pendidikan selama ini bersifat “input oriented”
· Regulasi birokrasi terhadap penyelenggaraan pendidikan terlalu ketat
· Partisipasi masyarakat belum optimal
· Hasil studi tentang “effective schools”
Dampak Kebijakan Manajemen Sentralistik
Sikap dan perilaku pada sekolah:
· Hanya mengikuti peraturan, tunggu petunjuk, pasif
· Inisiatif dan kreativitas kurang berkembang
· Tanggung jawab kurang
· Bersikap birokratik
· Bekerja mekanistis, repetitive
· Tidak ada kompetititf
· Semangad bekerja kurang
· Aspirasi kurang direspon oleh sekolah
Karaterisik
· Kemandirian
· Pendayagunaan sumber
· Pemberdayaan masyarakat
· Transparansi
· Akuntabilitas
Esensi Umum Manajemen Berbasis Sekolah
· Ada kerangka acuan nasional
· Ada garis besar pedoman secara nasional
· Perbedaan pengelolaan sekolah negeri dan swasta tidak terlalu besar
Ciri Sekolah Efektif
· Lingkungan tertib dan aman
· Visi, misi, dan target jelas
· Kepemimipinan yang kuat
· Pengembangan staf
· Tingkat harapan yang jelas
· Evaluasi untuk perbaikan PBM
· Partisipasi orang tua dan masyarakat
· Ada yang komitmen unuk bersama-sama meningkatkan mutu
Tujuan Manajemen Pendidikan Manejemen Berbasis Sekolah
· Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah
· Mengoptimalkan sumber daya sekolah dan mensinergikan program peningkatan mutu pendidikan di sekolah
· Menigkatkan motivasi dan kepuasan kerja
· Memacu semangad kompetitif yang sehat antara sekolah
Langkah MPMBS
· Evaluasi diri
· Perumusan visi, misi,dan target mutu yang jelas
· Perencanaan program kegiatan
· Pelaksanaan program kegiatan
· Monitoring dan evaluasi kegiatan
· Penetapan target mutu baru
Diposting oleh dwi budyastuti di 07.14 0 komentar