MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MANAJEMEN YANG BERDASARKAN PADA KONDISI SEKOLAH)
Latar Belakang
· Program peningkatan mutu pendidikan telah dilaksanakan selama enam pelita dengan investasi cukup besar, namun mutu pendididkn masih rendah
· Sekolah lebih tahu kelebihan, kelemahan, dan kebutuhan dirinya
· Pengamatan terhadap sekolah bermutu dan sekolah yang turun mutunya
· Pembinaan pendidikan selama ini bersifat “input oriented”
· Regulasi birokrasi terhadap penyelenggaraan pendidikan terlalu ketat
· Partisipasi masyarakat belum optimal
· Hasil studi tentang “effective schools”
Dampak Kebijakan Manajemen Sentralistik
Sikap dan perilaku pada sekolah:
· Hanya mengikuti peraturan, tunggu petunjuk, pasif
· Inisiatif dan kreativitas kurang berkembang
· Tanggung jawab kurang
· Bersikap birokratik
· Bekerja mekanistis, repetitive
· Tidak ada kompetititf
· Semangad bekerja kurang
· Aspirasi kurang direspon oleh sekolah
Karaterisik
· Kemandirian
· Pendayagunaan sumber
· Pemberdayaan masyarakat
· Transparansi
· Akuntabilitas
Esensi Umum Manajemen Berbasis Sekolah
· Ada kerangka acuan nasional
· Ada garis besar pedoman secara nasional
· Perbedaan pengelolaan sekolah negeri dan swasta tidak terlalu besar
Ciri Sekolah Efektif
· Lingkungan tertib dan aman
· Visi, misi, dan target jelas
· Kepemimipinan yang kuat
· Pengembangan staf
· Tingkat harapan yang jelas
· Evaluasi untuk perbaikan PBM
· Partisipasi orang tua dan masyarakat
· Ada yang komitmen unuk bersama-sama meningkatkan mutu
Tujuan Manajemen Pendidikan Manejemen Berbasis Sekolah
· Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah
· Mengoptimalkan sumber daya sekolah dan mensinergikan program peningkatan mutu pendidikan di sekolah
· Menigkatkan motivasi dan kepuasan kerja
· Memacu semangad kompetitif yang sehat antara sekolah
Langkah MPMBS
· Evaluasi diri
· Perumusan visi, misi,dan target mutu yang jelas
· Perencanaan program kegiatan
· Pelaksanaan program kegiatan
· Monitoring dan evaluasi kegiatan
· Penetapan target mutu baru
0 komentar:
Posting Komentar