BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 29 Mei 2010

Standar Pembiayaan Pendidikan

STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

Pembiayaan pendidikan telah diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945 (amandemen IV). Sistem pembiayaan pendidikan merupakan proses dimana pendapatan dan sumber daya yang tersedia digunakan untuk memformulasikan dan mengoperasionalkan sekolah. Sistem pembiayaan pendidikan sangat bervariasi tergantung dari kondisi geografis, tingkat pendidikan, kondisi politik pendidikan, hukum pendidikan, ekonomi pendidikan, program pembiayaan pemerintah dan adminitrasi sekolah. Setiap kebijakan dalam pembiayaan sekolah akan mempengaruhi bagaimana sumber daya diperoleh dan dialokasikan.

Biaya pendidikan merupakan semua jenis pengeluaran yang berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan baik dalam bentuk uang maupun barang. Biaya pendidikan dapat diperoleh pemerintah melalui :
1. Sektor pajak
2. Sektor kepemilikan umum (bersama) atau sumber daya alam

Biaya pendidikan dari satuan pendidikan tercantum dalam RAPBS. RAPBS merupakan rencana operasional yang dinyatakan dalam satuan uang (dana) dan setidaknya berisi jenis dan jumlah pengeluaran dan usulan pembiayaan.


Biaya pendidikan sebagai salah satu kajian dalam proses produksi pendidikan sangat berkaitan erat dengan lingkungan. Besar kecilnya biaya pendidikan akan dipengaruhi oleh lingkungan, seperti tingkat pendapatan negara, kepadatan penduduk, dan lain-lain. Ada dua faktor yang mempengaruhi biaya pendidikan, yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

1. Faktor eksternal, meliputi

a. Berkembangnya demokrasi pendidikan
b. Kebijaksanaan pemerintah
c. Tuntutan akan pendidikan

2. Faktor internal

a. Tujuan pendidikan yang akan dicapai
b. Pendekatan yang digunakan
c. Materi yang disajikan
d. Tingkat dan jenis pendidikan

Sumber biaya yang digunakan untuk pendidikan berasal :

1. Dari pemerintah sebesar 70%
2. Dari orang tua murid sebesar 10-24%, berupa uang SPP dan uang bantuan yang dikumpulkan melalui BP3
3. Dari masyarakat sebesar 5%, berupa dana yang diberikan oleh masyarakat secara tidak langsung melalui yayasan atau lembaga swasta
4. Dari sumber lainnya

Biaya operasional yang digunakan dalam proses pendidikan, diantaranya :

1. Biaya langsung dan biaya tidak langsung
Biaya langsung (seperti gaji guru dan pegawai, pembelian buku perpustakaan, pembelian perlengkapan pembelajaran, dan lain-lain) sebagian besar tercantum dalam RAPBS, sedangkan biaya tidak langsung biasanya tidak tercantum dalam RAPBS
2. Biaya pribadi dan biaya sosial
Biaya pribadi dan biaya sosial merupakan biaya yang dikeluarkan dan menjadi tanggungan masing-masing orang tua siswa untuk membiayai sekolah anaknya dengan besar biaya yang berbeda-beda satu dengan lainnya.
3. Monetary dan non monetary cost




0 komentar: